Kembangkan Bisnis Dengan Google My Business

Kembangkan Bisnis Dengan Google My Business – Apakah Anda memiliki bisnis online? Jika iya, maka Anda harus menyimak ulasan ini. Sebelumnya Anda harus tahu apa itu Google My Business?

Di mana yang adalah sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu bisnis agar lebih ditemukan oleh pelanggan secara mudah. Sayang sekali bukan, jika sudah memiliki bisnis tapi belum menggunakan google ini. sbobet online

Untungnya, Google My business sepenuhnya memang gratisan. Sebab itulah, sangat cocok untuk digunakan sebagai media pemasaran bisnis yang baru berkembang.

Secara tidak langsung Google My Business akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis baru. Lalu setelah itu, apa saja manfaat dari Google My Business untuk promosi usaha? Simak penjelasan berikut!

Apa itu Google My Business?

Kembangkan Bisnis Dengan Google My Business

Google My Business yang merupakan sebuah platform dari Google yang dapat memberikan berbagai info terkait dengan profil perusahaan.

Biasanya ulasan dari profil tersebut akan muncul di bagian atas atau samping, lengkap degan peta petunjuk arah. Hal inilah yang akan memudahkan calon konsumen bisa menemukan lokasi perusahaan melalui Google.

Dasbor Google My Business

Melalui dasbor Google My Business, Anda bisa melakukan hal seperti:

– Mengelola sebuah informasi yang up-to-date mengenai bisnis yang dijalankan

– Membuat dan memonitor kinerja kampanye AdWords Express

– Membangun loyalitas pelanggan menggunkan Google+ Page

– Meminitor interaksi pengunjung hanya dengan Google+ Page dan pos-pos di dalamnya

– Melihat informasi akun Google Analytics dan kanal YouTube yang terhubung

Manfaat Google My Business

Bagi kalangan pebisnis, keberadaan Google My Business sangatlah bermanfaat untuk mempromosikan bisnis tersebut.

Bahkan hasil promosi dirasa sangat memuaskan karena mampu meningkatkan penjualan produk. Beberapa manfaat jika Anda menggunakan Google My Business, antara lain:

1. Dipromosikan oleh Google Maps

Cuma dengan mendaftar melalui Google My Business, maka tempat usaha akan secara otomatis terdaftar di Google Maps yang dapat dilihat oleh pengguna ponsel secara global.

Siapapun yang mau mencari tempat usaha Anda akan mudah menemukannnya dengan Google Maps tersebut.

Akan tetapi Anda harus mengirimkan alamat dan nama tempat usaha agar bisa terdaftar, karena pihak Google akan memastikan tempat usaha benar-benar ada.

Anda juga akan dikirimkan pin atau disurvey langsung oleh Google melalui online. Tenanglah, tak ada tarif untuk memanfaatkan aplikasi Google Maps.

2. Mendapatkan review bisnis

Keuntungan Google My Business untuk promosi usaha adalah Anda bisa mendapatkan review untuk meningkatkan kepopuleran bisnis yang dijalankan.

Makin adanya bagus review yang didapatkan, kemungkinan besar orang-orang akan lebih mudah menemukan tempat usaha ini.

Sedikit saja saran bahwa, Anda bisa meminta calon pelangan atau pelanggan untuk memberikan review tempat usaha melalui ponsel.

Dengan begitu, tempat usaha ini semakin dipercaya oleh publik, karena mendapatkan ulasan secara lengkap dari pelanggan yang sudah berkunjung.

3. Meningkatkan pengunjung yang datang

Dengan fitur Google Maps akan bisa menunjukkan lokasi tempat usaha yang didirikan dalam radius tertentu.

Anda tentunya makin mampu meningkatkan traffic dari tempat usaha sekaligus sebagai ajang promosi untuk membangun sebuah brand.

Malahan Google My Business menawarkan layanan untuk membuat website gratisan secara mudah.

Kembangkan Bisnis Dengan Google My Business

4. Mengelola jam kerja secara online

Sekarang Anda dapat mengatur jam kerja tempat usaha secara online untuk dijalankan. Pasalnya nantinya membantu calon pelanggan untuk menemukan informasi mendetail tentang tempat usaha tersebut.

Di bagian lain, fasilitas ini bermanfaat bagi para pelanggan, jika Anda sedang libur atau saat tempat usaha sedang tutup.

5. SEO Jangka Panjang

Google Plus sudah menjadi bagian terpenting untuk visibilitas brand dan rating pencarian organik. Sama dengan yang telah SEMrush tunjukkan bahwa fakta yang paling sederhana mengenai faktor yang mempengaruhi ranking SERP secara berkelanjutan adalah Google My Business yang memiliki ranking pencarian organik Anda.

6. Sumber Aset Anda

Dengan mempunyai akun Google Plus, Anda memiliki sumber-sumber informasi tak terbatas untuk aset Anda dari Google. Misalnya bagi komunitas bisnis Anda, Youtube, Gmail, Google Maps, Hangouts, dan Google AdWords yang akan membantu Anda memaksimalkan strategi marketing Anda.

8. Hasil Pencarian Lokal

Google Plus bagi bisnis sekarang telah diatur melalui Google My Business, yaitu sebuah platform yang mempermudah konsumen menemukan dan terhubung dengan perusahaan Anda. Google My Business memakai pencarian, peta, dan Google Plus untuk membuat perusahaan Anda lebih ‘terlihat’ pada pencarian lokal.

Contohnya, pada saat Anda mengetikkan “Florist Semarang” pada pencarian Google, hasilnya akan muncul berupa daftar dari Google Plus mengenai Florist di sekitar tempat Anda dan segala informasi yang relevan dengan pencarian Anda.

9. Tampilan Lebih Baik di Google Search.

Tampilan saat orang mencari di Google adalah: muncul daftar website sebagai hasil dari Google Ads, kemudian box berisi 3 perusahaan (inilah Google Bisnisku), dan dibawahnya daftar website yang muncul secara organik. Box ini ditampilkan menarik oleh Google. Terdapat informasi alamat, jam buka tutup, jumlah review, sehingga menimbulkan rasa ingin klik lebih besar.

10. Google Bisnisku Menampilkan Informasi yang Berguna.

Google Bisnisku menawarkan fasilitas update informasi sehingga akan cepat muncul di hasil pencarian. Pengguna bakal segera tahu dan Google akan do something pada bisnis Anda. Pengguna akan melihat data-data bisnis Anda meliputi: Jam operasional, petunjuk arah (direction), alamat website, photo, tombol telpon, deskripsi bisnis, posting update promo, event dan produk. Setelah itu tampil pula testimonial dari para pelanggan yang akan menambah keyakinan untuk bisnis Anda.

11. Menambah Saluran (channel) Sales Marketing.

Sejak Google memunculkan bisnis lokal, otomatis profil bisnis Anda di Google Bisnisku ibarat toko ke 2. Memanfaatkan fasilitas update posting promo, event dan produk didalamnya untuk display segala kegiatan bisnis Anda.

12. Mendapatkan Wawasan dari Fasilitas Analitik.

Ada fasilitas bernama Analisis (Insight) yang menampilkan informasi asal kunjungan, jumlah kunjungan, tindakan yang dilakukan oleh konsumen (berkunjung ke website/minta petunjuk arah/telpon). Dengan memahami data analitik tersebut, Anda bisa atur strategi kampanye yang terbaik bagi bisnis Anda.

13. Bisa Diakses Gunakan Smartphone.

Anda dapat download aplikasi Google Bisnisku melalui Appstore atau Google Play. Cukup dengan genggaman Anda bisa update dan kelola bisnis Anda. Harusnya makin mudah penggunaannya.

14. Google Bisnisku Gratis!

Cukup dengan menggunakan satu akun gmail dan Anda bisa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku. Pihak Google akan verifikasi dengan mengirimkan PIN melalui postcard. Pastikan alamat bisnis Anda benar. Saat telah verified, Anda bisa mengelola dan menampilkan bisnis Anda secara gratis. Seluruh fitur dan fasilitas didalamnya pun gratis. Anda dapat kelola 100 profil bisnis dalam 1 akun gmail!.

15. Membantu Konsumen Menemukan Alamat Fisik Bisnis Anda.

Bisnis Anda bakal tercantum secara resmi di peta (Google Maps). Peta itu salah satu fasilitas dalam Google Bisnisku. Seluruh orang telah tahu cara operasionalkan Google Maps. Google Bisnisku bakal merekam permintaan peta ini dan menyajikan nya sebagai statistik untuk Anda.

Demikianlah ulasan menarik dari Manfaat Google My Business untuk promosi usaha. Saran Anda, sebaiknya selalu lakukan update setiap minggu mengenai tempat usaha agar mampu meningkatkan pengunjung jika ingin mencari sesuatu melalui Google Maps.

Ellen Olson

Back to top